Selasa, 27 November 2012

Uji Coba Kosmetik pada Hewan Segera Dilarang

Uji Coba Kosmetik pada Hewan Segera Dilarang
Uji Coba Kosmetik pada Hewan Segera Dilarang
Setelah 20 tahun berkampanye, The Body Shop dan organisasi nirlaba Cruelty Free International akhirnya merayakan kemenangan atas berakhirnya uji coba kosmetik terhadap binatang di Eropa.

Eropa mengeluarkan pernyataan pelarangan impor serta penjualan produk dan bahan  kosmetik yang diujicobakan terhadap binatang di Uni Eropa mulai 11 Maret mendatang.

The Body Shop, dengan nilai menentang uji coba kosmetik pada hewan (Against Animal Testing) adalah salah satu dari sedikit brand kecantikan yang tidak terpengaruh dengan aturan baru tersebut.

Mulai 11 Maret, produsen  yang ingin menjual produk kosmetik baru di Uni Eropa dilarang melakukan uji coba kosmetik terhadap binatang. Larangan ini mencakup semua produk kosmetik, termasuk toiletries dan produk kecantikan dari sabun hingga pasta gigi.

The Body Shop dan Cruelty Free International akan meluncurkan serangkaian kegiatan peringatan menjelang 11 Maret.

European Commissioner for Health and Consumer Policy, Tonio Borg mengatakan bahwa pelarangan tersebut akan terus berjalan sebagaimana diusulkan.  “Saya percaya bahwa pelarangan tersebut mulai berlaku pada Maret 2013 seperti yang telah diputuskan oleh Parlemen & Council. Karena itu saya tidak berencana untuk mengusulkan penundaan larangan tesebut,” ujar Tonio Borg dalam keterangan persnya.
Kosmetik pada Hewan Segera Dilarang
Kosmetik pada Hewan Segera Dilarang
Larangan tersebut  mengirimkan pesan yang kuat ke seluruh dunia untuk mendukung cruelty free beauty, khususnya ke negara-negara seperti Cina yang masih mengharuskan uji coba kosmetik pada binatang untuk turut meresponnya serta melarang pengujian pada binatang.

Cruelty Free International Chief Executive, Michelle Thew mengatakan, “Ini benar-benar suatu peristiwa yang bersejarah dan merupakan puncak dari 20 tahun lebih kampanye. Sekarang kita akan menerapkan tekad dan visi di panggung global untuk memastikan seluruh dunia akan mengikuti hal ini.”

International Values Director The Body Shop, Paul McGreevy memberikan apresiasi yang besar kepada pelanggan yang turut mendukung kampanye Against Animal Testing selama bertahun-tahun. "Prestasi besar di Eropa ini hanya merupakan suatu awal. Masa depan dunia kecantikan harus bebas kekejaman," ujarnya.

Pada 1991, BUAV (pendiri Cruelty Free International) membentuk koalisi organisasi perlindungan binatang terkemuka di seluruh Eropa (ECEAE) dengan tujuan untuk mengakhiri uji coba binatang untuk kosmetik.

Pada 1993,  The Body Shop, perusahaan kosmetik pertama yang mengambil tindakan tegas terhadap uji coba binatang untuk kosmetik, mendukung kampanye dengan mengumpulkan dukungan dari konsumen di seluruh Eropa.
Kosmetik pada Hewan Dilarang
Kosmetik pada Hewan Dilarang
Tiga tahun kemudian pada 1996, Dame Anita Roddick, pendiri The Body Shop, bergabung menjadi anggota ECEAE dan MEP dalam mengumpulkan petisi yang berisi 4 juta tanda tangan kepada European Commission.

Pada 2012, BUAV mendirikan Cruelty Free International, organisasi global pertama yang berdedikasi untuk menghentikan uji coba  binatang di seluruh dunia.

The Body Shop bersama dengan Cruelty Free International meluncurkan kampanye internasional baru yang sejauh ini berhasil mengumpulkan tanda tangan untuk menentang uji coba binatang untuk kosmetik di 55 negara.
Previous Post
First

0 komentar: