Senin, 12 Februari 2018

Gangguan Ginjal Incar Bentuk Tubuh Apel

Gangguan Ginjal Incar Bentuk Tubuh Apel
Gangguan Ginjal Incar Bentuk Tubuh Apel
Menyimpan kelebihan lemak di perut jelas tidak elok dari sisi penampilan. Dari sisi kesehatan, kelebihan lemak perut dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit ginjal.

Sudah diketahui bahwa memiliki tubuh "berbentuk apel" sebagai lawan dari "berbentuk buah pir", ditambahkan ke dalam risiko terkena masalah kardiovaskular.

Dalam penelitian terkini yang dipublikasikan di Journal of American Society of Nephrology, ditemukan tanda-tanda masalah ginjal pada orang sehat dengan tubuh berbentuk apel.

Para ahli mengatakan orang-orang dengan bentuk tubuh ini perlu memberikan perhatian lebih pada ginjalnya.

Penelitian yang dilakukan oleh tim dari University Medical Center Groningen di Belanda, meneliti lebih dari 300 orang, baik dengan  berat badan yang sehat  atau yang kelebihan berat badan.

Mereka menemukan bahwa memiliki rasio tinggi antara pinggang-pinggul - terlihat pada orang dengan bentuk tubuh apel - dikaitkan dengan fungsi ginjal yang rendah, mengurangi aliran darah pada ginjal dan tekanan darah tinggi pada organ tersebut. Ini adalah kasus bahkan pada mereka yang sehat.

Pemimpin penelitian Arjan Kwakernaak mengatakan, "Kami menemukan bahwa orang berbentuk apel - bahkan jika benar-benar sehat dan dengan tekanan darah normal - memiliki tekanan darah tinggi di dalam ginjalnya. Ketika mereka juga kelebihan berat badan atau obesitas, kondisinya bahkan lebih buruk."

Temuan itu menunjukkan bahwa orang-orang dapat mengambil manfaat dari perawatan untuk mengurangi tekanan darah ginjal - seperti pengurangan kadar garam dan perawatan obat yang ditargetkan.

Seorang juru bicara Kidney Research Inggris mengatakan, "Kami memahami bahwa mereka yang gemuk di tengah dengan bentuk tubuh apel dikaitkan dengan risiko yang lebih tinggi terhadap penyakit kardiovaskular dibandingkan orang gemuk dengan bentuk tubuh pir. Ini menunjukkan bahwa hal yang sama berlaku untuk penyakit ginjal."

"Ini adalah bukti lebih lanjut bahwa ada hubungan antara obesitas dan masalah pertumbuhan penyakit ginjal, dan bahwa masih banyak yang harus dilakukan untuk membuat orang sadar akan pentingnya melindungi fungsi ginjal," tandas juru bicara Kidney Research Inggris seperti dilansir BBC. (go4healthylife).
Previous Post
Next Post

0 komentar: