Rabu, 05 November 2014

Minum Kopi Bisa Tekan Hasrat Bunuh Diri

Minum Kopi Bisa Tekan Hasrat Bunuh Diri
Minum Kopi Bisa Tekan Hasrat Bunuh Diri
Meminum dua atau tiga cangkir kopi per hari bisa mengurangi hingga 50 persen risiko melakukan bunuh diri, setidaknya itulah menurut hasil penelitian terkini.
Dalam tulisan di jurnal Biological Psychiatry, para peneliti mengklaim kafein bisa berfungsi sebagai obat antidepresan ringan, dengan meningkatkan hormon dan sinyal-sinyal lain di otak yang terkait dengan suasana hati.

Dari penelitian terhadap 208.424 orang, tim peneliti menemukan, mereka yang mengkonsumsi dua atau tiga cangkir kopi setiap hari memiliki risiko 45% lebih rendah untuk bunuh diri, dibandingkan dengan responden yang minum kurang dari satu cangkir.
khasiat minum kopi
khasiat minum kopi
Bagi mereka yang menghabiskan lebih dari empat cangkir per hari risikonya 53% lebih rendah.

Selama periode penelitian, yang dilakukan antara 1998 hingga 2008, tercatat ada 277 kematian yang diakibatkan oleh bunuh diri.

Tetapi para peneliti yang berasal dari Harvard School of Public Health ini menyatakan, menambah porsi kopi bagi peminum kopi dewasa yang mengalami depresi mungkin tidak akan berdampak signifikan terhadap kemungkinan melakukan bunuh diri.

"Secara umum hasil kajian kami menunjukkan tak banyak manfaat dari meminum kopi lebih dari dua atau tiga cangkir per hari atau 400 mg kafein per hari," kata tim peneliti yang dipimpin Alberto Ascherio.

manfaat minum kopi
manfaat minum kopi
Penelitian terdahulu memperlihatkan kafein bisa meningkatkan aktivitas neurotransmitter di otak seperti serotonin, dopamin dan noradrenalin, yang memengaruhi keadaan emosi, demikian BBC.
Previous Post
Next Post

0 komentar: