Minggu, 02 Juni 2013

Senam Kegel Juga Bermanfaat untuk Pria lho

Senam Kegel Juga Bermanfaat untuk Pria lho
Senam Kegel Juga Bermanfaat untuk Pria lho
Jika selama ini Anda mengira latihan Kegel hanya bermanfaat untuk perempuan, pikir lagi deh. Pasalnya pria juga dapat memetik manfaat dari latihan ini lho.

Latihan Kegel untuk pria dapat memperkuat otot-otot dasar panggul, yang mendukung kandung kemih dan usus dan memengaruhi fungsi seksual. Asyiknya, latihan Kegel untuk pria bisa dilakukan diam-diam, kapan saja - apakah Anda sedang bersantai di sofa atau mengemudi mobil.

Sebelum mulai melakukan latihan Kegel, cari tahu bagaimana menemukan otot yang benar dan pahami teknik yang tepat.
Senam Kegel Juga Bermanfaat untuk Pria
Senam Kegel Juga Bermanfaat untuk Pria
Banyak faktor yang dapat melemahkan otot-otot dasar panggul, termasuk operasi pengangkatan prostat (prostatektomi radikal) dan kondisi seperti diabetes dan overactive bladder (OAB).

Menurut Mayoclinic.com, pria akan memetik manfaat dari latihan Kegel jika ia mengalami inkontinensia urin (beser) atau fekal, atau air kencing masih menetes, biasanya setelah buang air kecil.

Beberapa studi menunjukkan bahwa latihan Kegel untuk pria mungkin juga menguntungkan beberapa orang yang memiliki disfungsi ereksi. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan terkait klaim ini.

Dibutuhkan ketekunan untuk mengidentifikasi otot-otot panggul dan memahami bagaimana untuk berkontraksi dan merelaksasikannya. 

Senam Kegel Pria
Senam Kegel Pria
Berikut adalah beberapa petunjuk untuk latihan Kegel yang benar:
  1. Carilah otot-otot yang tepat. Untuk mengidentifikasi otot-otot panggul Anda, hentikan buang air kecil di tengah jalan atau kencangkan otot-otot yang mencegah Anda melewatkan gas (kentut). Ini adalah otot-otot dasar panggul. Jika Anda melakukan kontraksi otot panggul sambil melihat di cermin, pangkal penis akan bergerak lebih dekat ke perut dan testikel akan naik.
  2. Sempurnakan teknik. Setelah berhasil mengidentifikasi otot-otot panggul, kosongkan kandung kemih dan berbaring telentang dengan lutut ditekuk dan terpisah. Kencangkan otot-otot panggul, tahan kontraksi selama tiga detik, kemudian rileks selama tiga detik. Cobalah beberapa kali berturut-turut, tapi jangan berlebihan. Ketika otot-otot Anda lebih kuat, cobalah melakukan latihan Kegel sambil duduk, berdiri atau berjalan.
  3. Tetap fokus. Untuk hasil terbaik, fokus pada pengetatan hanya otot-otot dasar panggul, Berhati-hatilah untuk tidak melenturkan otot-otot di perut, paha atau bokong. Hindari menahan napas. Sebaliknya, bernapas lega selama latihan.
  4. Ulangi 3 kali sehari. Usahakan melakukannya setidaknya tiga set dengan 10 repetisi (pengulangan) per hari.
Previous Post
Next Post

0 komentar: