Selasa, 16 Januari 2018

Suasana Hati Kacau, Mungkin Kurang Kalsium

Anda mudah marah tanpa alasan yang jelas? Barangkali bukan cuma karena stres, namun akibat kekurangan mineral jenis kalsium yang membuat suasana hati berubah-ubah.

Suasana Hati Kacau, Mungkin Kurang Kalsium
Suasana Hati Kacau, Mungkin Kurang Kalsium
Menurut dokter spesialis gizi klinis Fakultas Kedokteran Universitas Atma Jaya, Jakarta Nanny Djaja, kekurangan kalsium dapat memicu depresi dan penurunan kemampuan berpikir. "Kalsium merupakan mineral yang berfungsi menjaga fungsi kognitif dan transmisi simpul saraf dan kontraksi otot," ujar Nanny dalam temu media menandaai peluncuran suplemen kalsium Caltrate yang diproduksi Pfizer Indonesia di Jakarta, Rabu (26/6).

Dalam presentasinya Nanny mengutip sebuah penelitian di rumah sakit jiwa di Amerika Serikat menunjukkan bahwa penderita sakit jiwa mengalami defisiensi atau kekurangan kalsium dalam tubuhnya. "Itu berarti, kalsium tidak hanya berguna untuk menjaga kekuatan tulang atau mencegah osteoporosis, namun juga memiliki peran lain yang tak kalah penting," ujarnya.

Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO ) merekomendasikan kebutuhan kalsium pada orang yang berusia 16-35 sebesar 800-1000 mg/hari. Namun, pada kenyataannya, jumlah penyerapan kalsium, terutama orang Indonesia, sangat kurang dari jumlah yang direkomendasikan WHO, yaitu hanya 30 persen atau 300 mg/hari.

Selain menyebabkan kemampuan berpikir dan perubahan suasana hati, kekurangan kalsium juga dapat menyebabkan kram otot. Kram seperti ini biasanya dialami saat bangun tidur atau melakukan olahraga dengan intensitas tinggi, misalnya renang atau berlari.

Namun, mencukupi kebutuhan kalsium saja belum memadai agar kram tak sering mampir. Untuk mencegah kram, selain kalsium, juga dibutuhkan mineral magnesium. "Kalsium dan magnesium itu ibarat sahabat karib. Keduanya tak bisa jalan sendiri, harus bekerja bersamaan agar hasilnya optimal," urai Nanny.

Agar asupan kalsium tercukupi, disarankan untuk mengonsumsi sayuran 3 porsi sehari dan minum susu kaya kalsium dua gelas sehari. "Namun tak jarang karena kehidupan yang sibuk, kita tak sempat makan tiga prorsi sayur. Untuk ini mungkin konsumsi suplemen kalsium perlu dipertimbangkan," ujar Nanny.

Sumber kalsium alami selain dari susu, bisa diperoleh dari ikan, serta suplemen. Sedangkan magnesium bisa didapat dari sayuran hijau, kacang-kacangan, dan biji-bijian, seperti brokoli dan buncis. (go4healthylife)
Previous Post
Next Post

0 komentar: