Senin, 08 April 2013

Kenali Manfaat Iridoid pada Buah Noni

Kenali Manfaat Iridoid pada Buah Noni
Kenali Manfaat Iridoid pada Buah Noni
Jus buah super tampaknya makin banyak ragam dewasa ini. Tampaknya setiap tahun beberapa buah eksotis baru hadir di pasar dengan janji memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa. Masalahnya adalah,  semua itu adalah janji yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Mengapa bisa begitu? Inilah sejumlah alasannya: buah-buahan eksotis yang paling popular seperti acai, manggis, gac dan lainnya merupakan tanaman pangan. Buah-buahan dalam bentuk segar, mentah mengandung flavonoid yang baik untuk kesehatan Anda.

Flavonoid ini sangat tidak stabil dan kehilangan sifat menyehatkan setelah terkena panas, penyimpanan dan pengolahan. Hampir semua manfaat kesehatan dengan cepat menurun ketika buah ini berubah menjadi minuman. Jus mahal mungkin dikemas dalam botol cantik, namun hanya sedikit bermanfaat untuk Anda dan kesehatan Anda. Itu sebabnya jus ‘buah super’ tidak memiliki ilmu pengetahuan nyata guna mendukung klaim mereka.
Manfaat Buah Noni
Manfaat Buah Noni
Jika bicara tentang noni atau Morinda citrifolia alias pace/mengkudu, mungkin akan berbeda. Buah noni bukanlah  tanaman pangan melainkan tanaman obat yang mengandung iridoid, bukan sekadar flavonoid. Kandungan iridoid pada noni sangat stabil dan tetap efektif bahkan setelah terkena panas, proses pengolahan dan penyimpanan.

Menurut Dr Jarakae Jensen, Direktur Riset dan Pengembangan Tahitian Noni International, iridoid secara ilmiah telah dibuktikan terkait dengan beragam manfaat kesehatan.

“Berdasarkan riset kami, iridoid terbukti membantu menetralkan radikal bebas yang berbahaya, menjaga kolesterol baik (HDL) pada kadar normal, meningkatkan energi, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan sistem kekebalan  tubuh, menunjang kesehatan persendian dan lebih banyak lagi,” kata Dr Jarakae saat berkunjung ke Indonesia menandai peringatan lima tahun TNI di Indonesia, belum lama ini.
Manfaat Iridoid pada Buah Noni
Manfaat Iridoid pada Buah Noni
Buah noni, kata Jarakae, mengandung fitokimia bioaktif dalam jumlah besar. Iridoid merupakan fitokimia utama yang hadir dalam jumlah yang amat besar. “Riset yang tengah berlangsung di Tahitian Noni International telah menemukan bahwa proxeronine adalah yang paling mungkin menyusun iridoid dalam buah noni,” kata Dr Jarakae.
Previous Post
Next Post

0 komentar: