Rabu, 02 Januari 2013

Perempuan Digaji Lebih Rendah

Perempuan Digaji Lebih Rendah
Perempuan Digaji Lebih Rendah
Perempuan ternyata masih menjadi 'anak tiri' dalam urusan pendapatan dibandingkan dengan laki-laki.
Sarjana perempuan mendapat gaji lebih rendah dibandingkan lelaki, menurut sebuah riset.

Perbedaan gaji ini terjadi bahkan jika mereka adalah lulusan universitas yang sama dan berasal dari satu jurusan.

Para peneliti dari Higher Education Careers Services Unit (Hecsu) menganalisa berapa gaji yang diperoleh lulusan universitas tahun lalu.

Jane Artess, dari Hescu, mengatakan distribusi gaji itu "sangat tidak merata."

Hal ini terjadi bahkan saat undang-undang telah dirancang untuk memastikan akses setara ke lapangan pekerjaan dan gaji, kata Artess.
Wanita Karir
Wanita Karir
Para peneliti menganalisa data dari studi atas 17.000 lulusan universitas yang disebut Futuretrack.

Hasil studi menunjukkan bahwa gaji dari separuh sarjana perempuan berkisar antara £15.000 (Rp 218 juta) dan £23.999.

Lulusan pria cenderung akan membawa pulang gaji sebesar £24.000 atau lebih. Analisis ini tidak mencakup pekerja paruh waktu atau penganggur.

Data yang dipublikasikan di jurnal Hescu ini mengindikasikan bahwa lulusan pria dari jurusan apa saja mendapat gaji lebih besar dari wanita, bahkan jika sebuah jurusan lebih banyak diminati oleh wanita.

menurut artikel tersebut, saat pendapatan sarjana diteliti berdasarkan jurusan, jelas bahwa perempuan mendapat gaji lebih sedikit dari pria meski jurusan mereka sama.
Gaji Perempuan
Gaji Perempuan
"Peluang setara terhadap pekerjaan dan gaji telah diperkuat di legislasi selama 40 tahun, tapi Futuretrack menemukan bahwa menjadi perempuan dapat membedakan besaran gaji," kata Artess. "Sulit untuk mengetahui penyebab hal ini, misalnya, sarjana perempuan dari subyek terkait media lebih banyak dari pria tapi gaji mereka lebih rendah."

"Karena membedakan bayaran pria dan wanita untuk pekerjaan yang sama melanggar hukum, maka pasti ada sesuatu yang terjadi pada pendapatan sarjana perempuan. Satu-satunya area dimana bayaran perempuan sama dengan lelaki adalah di sektor non profit," kata Artess seperti dilansir BBC.
Previous Post
Next Post

0 komentar: